Sabtu, 29 Maret 2025

Penyebab Bangkok Terlanda Dampak Parah Gempa Myanmar Akhirnya Terungkap

 


ARAHANNEWS - WWW.BET-888.ORG Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono buka-bukaan terkait gempa yang tengah terjadi di Asia Tenggara, khususnya di Myanmar dan Thailand.


Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) sebelumnya menyampaikan gempa berkekuatan magnitudo 7,7 yang berada pada kedalaman 10 km (6,2 mil) itu terjadi pada Jumat, 28 Maret sekitar pukul 13:00 waktu setempat itu. Pusat gempa berada sekitar 17 km dari kota Mandalay di Myanmar, yang berpenduduk sekitar 1,5 juta jiwa.


Gempa susulan berkekuatan magnitudo 6,4 tercatat 12 menit kemudian di lokasi terdekat berjarak sekitar 60 kilometer dan beberapa gempa yang lebih sedang muncul setelahnya.

Gempa juga dirasakan hingga ke wilayah tengah dan utara Thailand, termasuk Bangkok hingga terasa Provinsi Yunnan barat daya China, yang berbatasan dengan Myanmar.


Gempa tersebut merupakan gempa kembar atau doublet earthquake, yakni dua peristiwa gempa bumi yang memiliki magnitudo hampir sama, terjadi dalam waktu dan lokasi pusat gempa yang relatif berdekatan.


Namun, mengapa kerusakan akibat gempa lebih parah terjadi di Bangkok meski jaraknya ratusan kilo dari pusat gempa?


Daryono menyampaikan kerusakan masif di Bangkok terjadi karena efek vibrasi periode panjang (Long Vibration Period) yang mana rawan terjadi di tempat-tempat yang tanahnya lunak dan lapisannya tebal, seperti karakteristik di Ibu Kota Negara Thailand tersebut.


"Bangkok itu tanah endapan, akan resonansi," terang Daryono kepada CNBC Indonesia, dikutip Jumat (28/3/2025).


"Endapan sedimen tanah lunak tebal di Bangkok dapat merespon gempa dari jauh hingga membentuk resonansi yang mengancam gedung-gedung tinggi," tambahnya.


Laporan BMKG menyebut berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Besar Sagaing. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme mendatar (strike-slip).

Daryono kemudian menyebut bencana serupa sempat terjadi pada tahun 1985. Saat itu terjadi gempa dahsyat di zona subduksi Cocos berkekuatan M8,1 yang berpusat di pantai Michoacan, Meksiko.


"Meskipun jarak episentrum gempa ke Kota Meksiko adalah 350 km, kerusakan hebat terjadi di Mexico City, sebagian besar dari 9.500 korban jiwa meninggal terjadi di Mexico city yang dibangun di kawasan rawa purba yang direklamasi," katanya.


"Reclaimed land adalah unconsolidated material yang sangat berbahaya jika terjadi gempa kuat," tambahnya.


Selain itu, gempa yang terjadi di Myanmar dan meluas ke Thailand hingga China ini disebut Daryono mempengaruhi kegempaan di wilayah Indonesia.



Narasumber https://arahannews.blogspot.com/

https://linky.ph/bet888view

https://lynk.id/bet888vvip

https://sandwiche.me/bet888big

Inovasi Seseorang Membuat Mudik Warga RI Lebih Lancar dan Cepat

 


ARAHANNEWS - WWW.SLOT1000K.COM Rutinitas mudik warga Indonesia setiap musim Lebaran jauh lebih cepat dan lancar lewat kehadiran jalan tol. Jalan tol memungkinkan jarak puluhan hingga ratusan kilometer bisa ditempuh lebih cepat. Tak seperti kondisi puluhan tahun silam saat jalan tol belum populer di Indonesia. 

Kini, jalan tol sudah membentang 2.893,02 km di seluruh Indonesia. Atas dasar ini, pemudik harus berterima kasih kepada orang ini yang telah mencetuskan ide pembuatan jalan tol di Indonesia, yakni Raden Soediro Harjodisastro. 

Soediro merupakan Walikota Jakarta tahun 1950-an. Kala itu, Sudiro dibuat pusing karena Jakarta sudah begitu padat. Badan Pusat Statistik (1955) mencatat ada 1,5 juta penduduk di Jakarta.

Masalahnya, keberadaan penduduk tak semua memberikan dampak positif.

Ada pula yang "membebani" pemerintah, sehingga membuat anggaran pendapatan daerah tertekan. Singkatnya, Pemerintah Provinsi Jakarta kesulitan mencari uang, sementara pengeluaran terus terjadi dan membengkak. Apalagi pada saat bersamaan pemerintah juga sedang gencar membangun banyak proyek baru.

Sebagai cara menambah keran pemasukan, Sudiro mengusulkan ide jalan berbayar. Konsepnya sederhana, yakni siapa melintasi jalan, maka harus membayar biaya sebelum masuk. Lokasi penerapan bakal berada di jalan yang sedang dibangun pemerintah, dari Semanggi hingga Istana Negara. Kini jalan tersebut bernama Jl. Sudirman-Thamrin.

"Di ujung jalan M.H Thamrin, di situ bakal berdiri tempat pemungutan tol bagi setiap kendaraan bermotor yang lewat," ungkap Sudiro, dikutip dari autobiografinya Sudiro Pejuang Tanpa Henti (1981)

Sudiro percaya langkah ini bisa menaikkan pendapatan pemerintah. Pasalnya, ketika dirinya ke Amerika Serikat, jalan tol menjadi solusi mendongkrak pendapatan pemerintah di samping bisa membuat pengguna bahagia karena jarak tempuh lebih cepat. Maka, saat tiba di Indonesia dia ingin jalan tol hadir pula di Jakarta.

Sayang, ide itu gagal terwujud. Banyak anggota DPRD Jakarta menyebut ide jalan berbayar memberatkan masyarakat dan tidak efektif. Ada pula yang menyebut kalau ide tersebut seperti membangkitkan memori masa penjajahan silam.

Sebagai wawasan, pada masa penjajahan, jalan berbayar pernah diterapkan pemerintah kolonial Hindia Belanda kepada para pedagang China. Mereka harus membayar sekian sen untuk bisa melintasi jalan. Dari sini timbul konfrontasi antara warga Tionghoa dan pemerintah.

Dengan argumen sejarah, para penentang menganggap jika jalan tol tetap terwujud, maka sama saja memeras rakyat dan berpotensi menimbulkan perpecahan. Pada akhirnya, mimpi jalan tol pertama dari otak Sudiro gagal terwujud.

Sudiro pun terpaksa harus mencari cara lain menambah pemasukan. Meski begitu, ide dari kakek artis Tora Sudiro itu baru terasa benar dua dekade kemudian.

Pada 1973, Menteri Pekerjaan Umum dan Kelistrikan era Presiden Soeharto, Sutami, mengikuti ide Sudiro. Kala itu, Jakarta semakin padat. Tercatat ada 4,5 juta penduduk dan 540 ribu di antaranya memiliki kendaraan pribadi. Ini belum memperhitungkan penduduk dan kendaraan di kota satelit.

Dalam Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978 (2003) disebutkan, Sutami memerintahkan pembangunan jalan baru penghubung Jakarta ke kota Satelit yang berbayar. Dari sekian banyak kota, Bogor yang terpilih karena terdapat banyak aktivitas warga dan industri dari Bogor ke Jakarta, dan sebaliknya.

Maka, supaya mengurangi kepadatan dan menambah anggaran pemerintah, berdirilah jalan tol pertama di Indonesia, yakni Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi). Proyek tersebut sepanjang 59 Km dan memakan anggaran Rp2 miliar.

Kini, berkat ide usang Sudiro tahun 1950-an, siapa sangka jalan tol menjadi salah satu proyek infrastruktur yang jadi andalan pemudik agar bisa lebih cepat dan lancar sampai tujuan. 



Narasumber https://arahannews.blogspot.com/

heylink.me/slot1000k

https://allmy.bio/www.slot1000k.com

https://linktr.ee/slot1000k

Orang Belanda Sebut Tradisi Lebaran di Indonesia Terlalu Boros

 


ARAHANNEWS - WWW.SLOT-500.ORG Menyambut Lebaran warga Indonesia banyak melakukan transaksi untuk menyemarakkan Hari Raya. Sebut saja seperti beli baju baru, mudik, hingga memasak makanan khas Lebaran. 

Fenomena seperti ini sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan menuai beragam reaksi. Salah satunya dari orang-orang Belanda pada masa kolonial yang menganggap tradisi Lebaran warga Indonesia adalah pemborosan. 

Orang Belanda tersebut adalah Stienmetz dan De Wolff yang kebetulan menjadi pejabat pemerintahan. Dalam Nasihat-Nasihat Snouck Hurgronje Jilid IV (1991), diketahui keduanya mengaku keberatan atas tradisi lebaran oleh warga Muslim Indonesia. Sebab, banyak pegawai pribumi yang mengadakan pesta lebaran secara besar, tetapi modalnya dari meminjam uang.

Selain itu, terkadang perayaan lebaran juga digelar oleh bupati di kantor pemerintah yang memakai kas negara. Pemakaian kas negara tentu saja membuat kas menjadi boncos. Atas dasar ini, keduanya mengajukan larangan perayaan lebaran dengan mengacu pada aturan kolonial yang melarang penggunaan kas negara untuk kegiatan tidak penting.

Namun, usulan ini dikritik oleh Snouck Hurgronje yang menjabat sebagai penasehat agama Islam pemerintah kolonial Belanda. 

"Tidak ada alasan tepat untuk mengadakan imbauan agar membatasi perayaan lebaran. [...] Bahkan, dengan cara itu pun (pelarangan) belum tentu orang akan dapat lebih membangkitkan hasrat berhemat," kata pria yang menjabat sebagai penasihat agama Islam tersebut, dikutip dari Nasihat-Nasihat Snouck Hurgronje Jilid IV (1991).

Selama di Indonesia dari tahun 1900-an, Snouck melihat tradisi Lebaran sudah melekat dengan warga Indonesia. Di Aceh, misalnya, warga banyak membeli baju ketika Lebaran. 

Dalam Aceh di Mata Kolonialis (1906), Snouck bercerita kalau pasar penjualan baju dan barang sejenis di akhir masa puasa jauh lebih dipadati warga dibanding penjualan daging atau hewan.

Hal ini bisa terjadi, kata Snouck, karena setiap orang ingin berbaju baru pada hari raya. Pasalnya, dalam budaya Aceh, kasih sayang atau penghargaan suami ke anak atau istri diukur dari barang belanja dari pasar, mulai dari daging hingga baju baru.

Selain di Aceh, pria kelahiran 1857 itu juga mengamati ada kejadian serupa di Batavia (kini Jakarta). Dalam surat kepada Direktur Pemerintahan Dalam Negeri tanggal 20 April 1904, Snouck menulis bahwa saat lebaran terdapat banyak pesta yang disertai hidangan makanan khas lebaran, silaturahmi ke kerabat, pembelian pakaian baru, dan hiburan.

Bahkan, Snouck juga mencatat, pembelian pakaian baru, petasan dan makanan bisa memakan uang lebih banyak dibanding hari biasanya. Hal ini bisa terjadi karena warga menganggap Lebaran sebagai hari yang istimewa.

"Di antara hari-hari peringatan yang sekali setahun berulang dan yang bagi seluruh penduduk berlaku demikian, Lebaran yang mengakhiri ibadah puasalah yang paling terkemuka, dan itu tak dapat dibantah," tulis Snouck, dikutip dari Nasihat-Nasihat Snouck Hurgronje Jilid IV (1991).




Narasumber https://arahannews.blogspot.com/

https://heylink.me/Slot-500jackpot

https://allmy.bio/slot-500.com

https://linktr.ee/Slot500maxwin

Jumat, 28 Maret 2025

Krisis Ekonomi di Swedia: Orang Tua Terpaksa Tak Bisa Memberi Makan Anak

 


ARAHANNEWS - WWW.BET-888.ORG Satu dari tiga orang tua tunggal di Swedia dilaporkan tidak mampu menyediakan cukup makanan untuk keluarga mereka. Hal ini terungkap dari survei yang diterbitkan Rabu merujuk ke meningkatnya ketimpangan ekonomi yang paling parah menimpa anak-anak.

"Kami melihat bahwa ibu dan ayah tunggal dengan anak-anak yang tidak memiliki penghasilan besar memiliki situasi yang sangat, sangat buruk di Swedia saat ini," kata sekretaris jenderal asosiasi bantuan Majblomman, yang memerangi kemiskinan anak, Ase Henell, kepada AFP, dimuat Kamis (27/3/2025).

"Mereka harus memilih antara makanan dan pakaian, dan anak-anak tidak dapat pergi ke pelatihan sepak bola atau pergi ke les musik. Mereka kekurangan konteks sosial," ujarnya.

Swedia telah mengalami inflasi tinggi selama beberapa tahun, terutama harga pangan. Banyak rumah tangga juga dibebani dengan pembayaran hipotek yang besar setelah bertahun-tahun mengalami suku bunga tinggi.

Sebenarnya survei ini dilakukan oleh Verian antara 30 Januari dan 21 Februari menemukan bahwa 29% rumah tangga orang tua tunggal mengalami "kesulitan" dalam memberi makan keluarga mereka dengan cukup. Ada peningkatan sembilan poin persentase dari tahun 2024.

Studi ini ditugaskan oleh Majblomman, Palang Merah dan Radda Barnen- cabang Save the Children di Swedia- bersama dengan asosiasi penyewa Hyresgastforeningen. Studi ini menanyai 1.112 orang tua tunggal yang berpenghasilan kurang dari 30.000 krona (sekitar Rp 49.437.300) per bulan, serta pasangan dengan anak-anak yang berpenghasilan kurang dari 43.000 krona per bulan.

"Situasinya semakin memburuk bagi orang-orang yang hidup di pinggiran," kata sekretaris jenderal Palang Merah Swedia, Ulrika Modeer.

"Anak-anak paling terpengaruh oleh kesenjangan ekonomi dan terlalu cepat terbebani dengan konsekuensinya," kata organisasi tersebut.

"Anak-anak tahu persis kapan gaji dan tunjangan sosial orang tua mereka dibayarkan, misalnya, dan menghindari menyebutkan kegiatan atau tamasya yang membutuhkan biaya."

Selain itu, banyak anak berusia 16 atau 17 tahun yang baru saja mendapatkan pekerjaan musim panas pertama mereka tidak mampu membayar transportasi umum untuk pergi ke tempat kerja mereka.

"Transportasi umum sangat penting bagi keluarga-keluarga ini, mereka tidak mampu untuk pergi ke kegiatan sepulang sekolah atau bertemu teman-teman mereka," kata Henell dari Majblomman.

"Kami memberi mereka kartu transportasi sehingga mereka bisa mendapatkan gaji pertama mereka," katanya.

Organisasinya telah meningkatkan bantuan keuangannya untuk anak-anak sebesar 12 juta krona dalam dua tahun terakhir.

Untuk membendung ketimpangan, keempat organisasi tersebut meminta pemerintah Swedia untuk meningkatkan pembayaran tunjangan keluarga dan mengindeksnya terhadap inflasi. Pemerintah juga memperkenalkan kegiatan rekreasi gratis dan transportasi umum untuk semua anak.



Narasumber https://arahannews.blogspot.com/

https://linky.ph/bet888view

https://lynk.id/bet888vvip

https://sandwiche.me/bet888big

Kepergian Trump Memicu Gonjang-Ganjing, Eropa Kini Terbelah

 


ARAHANNEWS - WWW.SLOT1000K.COM Negara-negara Eropa dilaporkan masih belum menemukan konsensus yang pasti terkait peningkatan anggaran militer. Hal ini terjadi saat Benua Biru menghadapi ancaman dari Rusia, yang sebelumnya telah melancarkan serangan ke Ukraina.

Mengutip Newsweek, Kamis (27/3/2025), Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen sebelumnya menyusun rencana untuk memperkuat kemampuan pertahanan Uni Eropa (UE). Manuver ini dilakukan setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam akan menghentikan dukungan AS untuk Ukraina dan mengkritik Eropa karena ketergantungan militernya pada Washington.

Rencana ini termasuk mengizinkan negara-negara UE untuk sementara meningkatkan pengeluaran pertahanan sebesar 1,5% dari PDB selama empat tahun dan meminjam 150 miliar euro (Rp2.487 triliun) atas nama UE untuk pengadaan senjata bersama dan bantuan Ukraina. Harapannya adalah bahwa rencana berbasis pinjaman tersebut akan diterima, terutama oleh negara-negara seperti Italia dan Spanyol yang tidak mencapai target pengeluaran pertahanan NATO sebesar 2% dari PDB.

Namun, diplomat Eropa telah memberi tahu bahwa rencana untuk melonggarkan aturan fiskal UE guna memacu investasi dalam pertahanan telah menyebabkan beberapa negara khawatir akan terlilit utang sedemikian rupa. Meskipun Komisi Eropa dapat meminjam dengan biaya lebih murah daripada sebagian besar negara anggota, pinjaman tersebut masih dihitung terhadap tingkat utang nasional, yang dapat menimbulkan masalah bagi negara-negara yang terlilit utang besar.

Pasalnya, negara-negara Eropa Selatan dengan tingkat utang publik yang tinggi telah mengusulkan apa yang disebut obligasi pertahanan, yang dibiayai oleh pinjaman bersama UE di pasar modal. Namun, hal ini memerlukan persetujuan bulat dari semua 27 anggota blok dan ditentang oleh beberapa negara, seperti Belanda dan Jerman, karena khawatir hal itu akan menjadi preseden untuk kewajiban utang bersama di masa mendatang.

Jalan yang Berbeda

Pekan lalu, paket bantuan Eropa senilai 40 miliar euro (Rp 663 triliun) untuk Ukraina dibatalkan dari agenda pertemuan puncak Dewan Eropa setelah mendapat tentangan dari negara-negara Selatan Benua Biru seperti Prancis, Italia, Spanyol, dan Portugal.

Negara-negara Eropa Selatan menginginkan kontribusi yang relatif terhadap PDB mereka dan meminta UE untuk mencari sumber pendanaan lain, seperti sisa laba yang dihasilkan oleh aset Rusia yang dibekukan.

Di sisi lain, Presiden Latvia dan Lithuania mengumumkan tujuan mereka untuk meningkatkan anggaran pertahanan hingga 5% dari PDB. Lithuania mengatakan akan melakukannya pada tahun 2026. Latvia, bersama dengan Estonia, akan mengikutinya, meskipun belum ada jadwal yang diberikan karena kekhawatiran tentang ancaman yang ditimbulkan oleh Rusia semakin meningkat.

Nicu Popescu, seorang peneliti kebijakan di Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri, mengatakan kepada Newsweek bahwa tidak semua diskusi UE menghasilkan hasil langsung, dan sering kali gagal pada awalnya sebelum kesepakatan tercapai. Mengingat pentingnya Ukraina bagi perdamaian dan keamanan Eropa, Popescu mengatakan bahwa UE kemungkinan akan menemukan cara untuk membantu Ukraina.

"Tidak semua diskusi UE menghasilkan hasil langsung. Cukup sering UE pertama-tama gagal mencapai kesepakatan, dan kemudian berhasil mencapai kesepakatan pada sesuatu," ujarnya.



Narasumber https://arahannews.blogspot.com/

heylink.me/slot1000k

https://allmy.bio/www.slot1000k.com

https://linktr.ee/slot1000k